Ingin Membuat Resepsi Garden Party? Perhatikan 9 Hal Ini

July 16, 2019 | By Wedding Market | 343


Setelah mengucapkan janji pernikahan, hal selanjutnya yang dilakukan oleh setiap pasangan adalah melangsungkan acara resepsi pernikahan yang dapat dilangsungkan di dalam ruangan atau luar ruangan (garden party). Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Kamu memilih ballroom party atau garden party? Kekurangan saat kamu memilih untuk melangsungkan acara di dalam ruangan adalah keterbatasan tempat. Walaupun banyak gedung dengan berbagai macam ukuran yang dapat disesuaikan dengan jumlah tamu tapi tetap saja keterbatasan tempat itu akan terjadi. Sebab, ada hal berupa pelaminan, meja hidangan, meja penerima tamu dan lainnya yang harus ada di dalam gedung tersebut.

Sedangkan kelebihan saat melangsungkan acara di dalam ruangan adalah kamu dan pasangan tidak perlu menyiapkan tenda untuk menghindari terjadinya kehujanan atau kepanasan. Kamu pun dapat memilih gedung dengan berbagai macam varian harga. Biasanya para pasangan memilih ballroom hotel untuk dijadikan venue dalam acara resepsi pernikahan mereka. Selain itu, kelebihan yang akan kamu dapatkan adalah dapat memilih berbagai jenis konsep. Jadi, kamu tidak perlu terpaku oleh satu konsep saja.

Kekurangan dan Kelebihan Garden Party


Untuk melangsungkan acara pernikahan di luar ruangan (garden party), kekurangannya terletak pada cuaca. Kamu perlu betul-betul untuk memilih cuaca dan musim yang tepat. Setelah mengetahuinya kamu dan pasangan tidak perlu khawatir lagi akan berperang dengan musim penghujan.

Akan tetapi, ada banyak pula kelebihan yang akan kamu dapat saat berada di luar ruangan (garden party). Salah satunya terletak pada pemandangannya. Kamu dan pasangan akan mendapatkan pernikahan dengan kesanindah yang tak terlupakan. Selain itu, kamu hanya perlu menyiapkan sedikit dekorasi karena semua itu telah dipercantik oleh pemandangan yang indah.

Selanjutnya, kamu akan merasakan kelegaan. Dimana acara pada luar ruangan tidak akan terbatas oleh pintu atau tembok. Jadinya, makin banyak tamu yang dapat hadir di acara pernikahanmu. Biasanya pasangan memilih acara pernikahan di pantai, lapangan golf ataupun taman.

Untuk pantai, destinasi favorit para pasangan adalah di Pulau Dewata Bali. Disana banyak spot bagus dan indah yang berlatar belakang pantai. Sebab, Pulau Bali dikenal dengan pantainya yang beragam hingga ke mancanegara sekalipun.

Untuk taman, kamu dan pasangan dapat memanfaatkan taman yang ada di kotamu. Acara pernikahan dengan konsep garden party banyak dilirik oleh pasangan. Suasana yang dihasilkan akan terasa adem dengan ditemani tumbuhan yang rindang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengadakan Garden Party


Nah, untuk kalian para pasangan yang berencana untuk melangsungkan acara pernikahan dengan konsep garden party. Yuk, lihat di bawah ini untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar semua itu dapat berjalan lancar sesuai rencana. Cekidot!

  1. Pilih musim yang pas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih musim yang pas. Mengingat bahwa garden party merupakan acara yang dilangsungkan di luar ruangan. Pastikan bahwa kamu tidak melaksanakannya pada musim hujan. Jadi kamu tidak perlu takut lagi kalau acara garden party mu akan gagal oleh guyuran air hujan.

  1. Tentukan jam acara

Setelah menentukan musim yang tepat, kamu dan pasangan juga perlu untuk memilih jam berlangsungnya acara. Tentunya kamu tidak inginkan para tamu akan kepanasan karena terkena pancaran sinar matahari. Jangan mengadakan acara pada tengah hari atau jam 12 siang. Sebab, pada jam tersebut matahari sedang berada tepat diatas kepala kita. Waktu yang ideal adalah pukul 3 sore dimana matahari sudah tidak terlalu panas. Udara pun mulai terasa adem.

  1. Cari lokasi yang tepat

Cobalah untuk mencari taman yang tepat dengan lokasi strategis untuk garden party kamu. Usahakan agar berada di tengah kota agar mudah dijangkau oleh para tamu undangan yang akan hadir. Pastikan bahwa taman tersebut tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Jadi, kamu dapat dengan mudah untuk mengurus perizinannya. Carilah pula taman dengan pepohonan yang rindang agar menimbulkan efek sejuk.

  1. Urus perizinan!

Setelah menemukan lokasi yang tepat, segeralah untuk mengurus perizinan. Mengapa demikian? Ya, karena dengan begitu kamu tidak perlu khawatir akan terganggu oleh pengunjung taman. Apalagi kalau itu merupakan taman untuk umum. Jadi, ketika acara berlangsung para petugas akan membantu untuk mengamankannya.

  1. Dekorasikan pernikahanmu

Pilihlah vendor yang telah berpengalaman dalam mengurus acara pernikahan di luar ruangan seperti garden party. Maka, mereka dapat dengan mudah memikirkan dekorasi yang ingin disiapkan. Maksimalkan garden party dengan beberapa dekorasi menarik.

Kamu dapat menambah lampu gantung agar kesannya lebih terlihat elegan. Jika ingin menambahkan tempat duduk, carilah kursi dan meja kayu yang dihias oleh kain putih. Agar lebih menarik, tambahkan photobooth pada bagian sudut taman dekat arah keluar. Untuk backdrop nya, kamu bisa menggunakan lapisan kayu yang dihias dengan dedaunan. Tak lupa, tambahkan pula ukiran namamu dan pasangan.

  1. Berpenampilan sesuai konsep

Sesuaikan tampilanmu dan pasangan dengan konsep garden party tersebut. Untuk kamu para wanita, gunakan gaun yang memiliki bahan nyaman. Gunakan sepatu yang terbuka pada bagian depan dengan hak yang tidak terlalu tinggi. Sebagai pelengkap tampilanmu, gunakan aksesoris rambut seperti flower crown atau pita model bunga. Sedangkan untuk kamu para pria, gunakan jas dengan warna yang pas seperti krem.

  1. Hidangkan sajian yang pas

Pilihlah hidangan yang tepat untuk garden party. Apalagi pada menu dessert, sajikan beberapa pilihan minuman segar dan potongan buah segar. Agar lebih lengkap sajikan pula es krim dengan berbagai pilihan rasa. Menu tersebut dapat membuat badan lebih segar saat berada dalam acara di luar ruangan. Mood para tamu pun akan lebih bangkit.

  1. Tentukan dress code para tamu

Agar terlihat senada dengan tema, tentukan dress code untuk para tamu. Kamu bisa menentukan warna atau hanya motifnya saja. Misalnya seperti dresscode dengan motif bunga atau dedaunan.

  1. Pilih souvenir

Untuk souvenir, pilihlah yang senada dengan konsep garden party. Souvenir yang cocok adalah tanaman kaktus mini. Setelah itu tambahkan kartu yang bertuliskan namamu dan pasangan beserta tanggal pernikahan.

Itu dia 9 hal tentang persiapan dalam melangsungkan acara pernikahan berkonsep garden party. Jadi tunggu apalagi? Siapkan segera ya!


Artikel Terkait